LAPORAN TABLE MANNER COURSE
Di Hotel Purnama Batu, Malang
26 September
2014
Oleh:
2. IKA
FEBIANA
3. PURNOMO
SIDIK
4. YENI
LIA AGUSTIN
5. MEGA
PUSPITA SARI
SMK NEGERI 1 BANYUWANGI
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala
limpahan rahmat dan karunia – Nya kepada tim penulis sehingga dapat
menyelesaikan “ Laporan Table Manner
Hotel Purnama Batu, Malang”.
Penyusun menyadari bahwa didalam pembuatan laporan ini berkat bantuan dan
tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas kerjasama semua anggota serta
bantuan berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak
Wahyudin,S.Pd yang telah memberikan izin atas terselenggaranya kegiatan table
manner ini.
2. Ibu
Katmirah,S.Pd pembimbing yang selalu mendampingi siswa hingga acara table
manner selesai.
3. Ibu Erlina
Yunarwati pembimbing yang selalu mendampingi siswa hingga acara table manner
selesai.
4. Ibu Ida
Kristina pembimbing yang selalu mendampingi siswa dalam acara table manner.
5. Ibu Sri
Ilmiyati Zakiyah pembimbing yang selalu mendampingi siswa hingga acara table
manner selesai.
6. Bapak H.
Userin selaku pembimbing yang selalu mendampingi siswa hingga acara table
manner selesai.
Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penyusun
telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga
dapat selesai dengan baik. Oleh karenanya, penyusun dengan rendah hati dan
dengan tangan terbuka menerima masukan, saran dan usul guna penyempurnaan
laporan ini.
Harapan kami sebagai penyusun agar
laporan ini dapat memenuhi standar penilaian tugas, dan yang pastinya untuk menjadikan
informasi dan pembelajaran bagi pembaca selanjutnya.
Banyuwangi,
01 Oktober 2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Etika
pergaulan skala nasional maupun internasional tidak lepas dari tata cara jamuan
atau “TABLE MANNERS”. Etika makan atau Table Manners adalah aturan yang harus
dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Mempelajari etiket di meja
makan bukan sekadar mengetahui tata krama saat makan atau menggunakan alat
makan. Menguasai table manner juga merupakan bentuk citra diri, bahkan
profesionalisme . Pemahaman yang baik seputar table manner bahkan memengaruhi
kesuksesan karier atau bisnis.
Meja makan
adalah tempat terpenting di mana etiket Anda ditonjolkan. Orang lain akan
mengenali, melihat, dan menilai diri Anda dari profesionalisme yang ditunjukkan
di meja makan. Inilah sebabnya kita perlu belajar table manner.
Siapa pun
kita, dengan berbagai profesi, perlu setidaknya mengetahui table manner.
Misalnya kita seorang sekretaris, sangat mungkin diminta menggantikan atasan
menghadiri undangan penting dalam jamuan makan. Bahkan, ibu rumah tangga pun
perlu memahami table manner. Setidaknya, dengan memahami etiket ini, ibu bisa
memilih gelas yang tepat untuk menjamu tamunya. Tanpa memahami table manner,
seorang ibu bisa saja berbelanja sesuka hati, membeli gelas karena bentuknya
yang indah tanpa tahu fungsi dan penempatannya, lalu menggunakannya tidak
sesuai fungsinya.
B.
Tujuan Table Manner Course
Adapun tujuan Tabel Manner Coures
adalah sebagai berikut :
1.
Agar kami
dapat menggembangkan keterampilan cara makan dan minum secara internasional
dengan baik dan benar
2.
Agar
mendapat pengetahuan dan pengalaman cara berperilaku sebagai seorang sekretaris
yang baik .
3.
Agar dapat
meningkatkan pemahaman table manner, berani mengemukakan pendapat, menjawab,
kritis, serta dapat menumbuhkan kemauan belajar yang tinggi.
C.
Manfaat Tabel Manner Course secara
umum
1.
Penulis dan
pembaca dapat mengerti definisi atau latar belakang Tabel Manner Course.
2.
Penulis
mendapat pengalaman dari Tabel Manner Course agar merasa tidak asing dalam
dunia kerja atau saat peremuan-pertemuaan kantor atau bisnis.
3.
Penulis dan
pembaca dapat mengenal,mengetahui,mempelajari dan menggunakan alat-alat makan
dalam Tabel Manner Course sesuai dengan aturan.
4.
Penulis dan
pembaca dapat mengetahui menu-menu yang terdapat dalam Tabel Manner
Course.
5.
Penulis dan
pembaca dapat mengerti dan memahami aturan-aturan dan tata cara makan yang baik
pada Tabel Manner caurse.
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
Etika di Meja Makan
1. Posisi duduk, usahakan jarak antara
badan Anda dengan tepi meja sekitar 10 – 15 cm. Dalam jarak ini Anda dapat
menikmati hidangan dengan posisi nyaman.
2. Biasakan duduk dengan posisi
punggung tegak dan selalu meletakkan posisi tangan diatas meja sebatas
pergelangan tangan, jangan meletakkan siku diatas meja.
3. Barang bawaan tidak boleh diletakkan
di atas meja.
4. Kaki tidak boleh ditumpangkan satu
sama lainnya selama jamuan berlangsung.
5. Jika kita ingin bersin/batuk,
palingkan muka kesamping agak kebelakang dan tutupi dengan napkin. Lalu ucapkan
kata “maafkan saya”.
6. Jika kita ingin menerima telpon,
kita lihat dahulu siapa yang menelpon. Jika teman, sebaiknya tidak kita angkat.
Sebaliknya jika yang menelpon adalah atasan kita, sebaiknya Anda meminta izin
kebelakang lalu menelpon kembali.
B.
Cara Menggunakan Peralatan Makan
1. Dinner napkin (serbet makan)
diletakkan diatas pangkuan dan apabila telah selesai makan atau meninggalkan
tempat, napkin dilipat dan ditaruh diatas meja.
2. Napkin dilipat dan diletakkan
dikursi Anda bila hendak meninggalkan tempat untuk pergi ke toilet.
3. Napkin tidak digunakan untuk lipstik
atau peralatan makan yang kotor.
4. Peralatan makan yang akan digunakan
paling awal adalah peralatan makan yang diletakkan pada bagian yang paling luar
dari tatanan yang ada.
5. Apabila ada peralatan makan yang
terjatuh, segera mengacungkan tangan dan petugas akan mengambilnya dan
menggantinya dengan yang baru.
6. Cangkir kopi/teh ada disebelah kanan
dan dapat dipindahkan ke tengah bila sudah selesai makan dan diisi teh/kopi.
C.
Tata Cara Makan
1. Makanlah hidangan yang sesuai dengan
urutan menunya.
2. Mulut sebaiknya tertutup sewaktu
mengunyah untuk menghindari suara yang dapat mengganggu.
3. Memotong makanan jangan sampai
terlalu besar karena dapat mengganggu pada waktu menguyah, jadi sesuaikan
dengan kemampuan mulut yang wajar untuk dimakan.
4. Tidak berdahak selama jamuan makan
berlangsung.
5. Jangan berbicara selagi mengunyah
makanan.
6. Jangan berkumur dengan air minum
sewaktu masih brada di meja makan.
7. Mengaduk gula pada cangkir kopi/teh
jangan sampai menimbulkan suara keras. Sendok teh/kopi hanya digunakan untuk
mengaduk saja.
8. Jika menyendok sup, usahakan dari
depan ke belakang. Tangan kiri memegang kuping mangkuk.
9. Jika sup tinggal sedikit dan sulit
disendok, miringkan mangkuk ke arah depan.
D.
Menu Makanan
1. Diner Roll berupa “Roti”
Ø Roti dibelah dengan menggunakan
pisau roti (butter spreader) kemudian diolesi dengan butter lalu dipotong kecil
untuk dimakan.
Ø Piring roti (B&B plate) letaknya
disebelah kiri.
Ø Piring roti (B&B plate) tidak dipindahkan
dari tempat semula.
2. Appetizer berupa “Thailand Fruit
Salad”
Cirinya:
- Rasanya asin, gurih dan ada yang
sedikit pedas.
- Beratnya sekitar 100 – 150 gram.
- Peralatan yang digunakan adalah
dessert fork dan dessert knife.
3. Soup berupa “Asparagus Cream Soup”
Ø Jika menyendok sup, usahakan dari
depan ke belakang. Tangan kiri memegang kuping mangkuk.
Ø Jika sup tinggal sedikit dan sulit
disendok, miringkan mangkuk ke arah depan.
Ø Peralatan yang digunakan adalah soup
spoon.
4. Main Course berupa “Purnama Chicken
Oscar Hollandaise Served With Sauteed Mixed Vegetable and Potatoes Champignon”
Ø Memotong makanan jangan sampai
terlalu besar karena dapat mengganggu pada waktu menguyah, jadi sesuaikan
dengan kemampuan mulut yang wajar untuk dimakan.
Ø Peralatan yang digunakan adalah
dinner fork dan dinner knife.
5. Dessert berupa “Manhattan Fruit
Pudding”
Peralatan
yang digunakan adalah dessert spoon. Umumnya rasanya manis.
6. Bevarage berupa “Indonesian Tropical
Tea Served With Lime Traditional Fresh Brewed Coffe Served With Cream”.
E.
Profil Hotel Purnama
Hotel Purnama yang terletak di wilayah
pegunungan Batu, Jawa Timur, hanya 1,5 jam dari Bandara Juanda, Surabaya dan
hanya 20 menit dari Kota Malang serta hanya beberapa menit berkendara dari
Batu. Hotel dapat diakses 45 menit dari stasiun kereta di Kota Malang. Hotel
ini juga terletak di lerang Gunung Arjuna dan Bukit Panderman serta dikelilingi
oleh pengunungan dengan pemandangan yang sangat indah dan kenyamanan taman di
pusat Kota Apel yang terkenal.
Hotel yang memiliki slogan (tag line), Kepuasan Anda
Anda Adalah Tekad Kami (Your Satisfaction Is Our Concern), memanjakan para
tamunya dengan pengelolaan hotel modern yang menggabungkan nuansa alami/
natural dan masyarakat Indonesia tradisional. Hotel ini dikenal oleh negara
lain seperti Belanda, Eropa, Amerika, dan Jepang. Hotel dibangun seluas 6
hektar dengan kebun yang sangat indah dan dikelilingi oleh pengunungan dan
udara yang segar. Hotel menawarkan serangkaian fasilitas yang luar biasa
seperti ruang pertemuan untuk berbagai acara yang dapat menampung sampai 1500
orang, akses internet tanpa kabel/ wireless (24 jam), salon, restoran, dan
coffee shop serta untuk tamu anak-anak tersedia taman bermain anak-anak.
F. Fasilitas Hotel Purnama
v Tempat parkir mobil
v Coffee shop
v Ruang pertemuan
v Restoran
Untuk memuaskan selera para tamu,
hotel ini memiliki tempat makan yang asik. Tersedia Nawangwulan Restaurant yang
dapat menampung sampai 400 kursi dan berbagai makanan yang lezat, Dapur Bawang
Restaurant menyajikan masakan asli Nusantara, Bathok Kithen menyajikan berbagai
masakan Eropa dan Amerika, dan Melati Coffee Shop menyajikan masakan asli
Indonesia dan masakan Cina.
v Akses jaringan internet
v Kamar
Kamar-kamar ini dibagi kedalam
beberapa kategori seperti Standard, Superior, Junior Deluxe, Deluxe Suite,
Royal Suite, dan Cottages dengan beragam tingkat harga. Semua kamar dilengkapi
dengan furnitur yang luar biasa dan fasilitas terbaik untuk kenyamanan para
tamu. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah kamar mandi lengkap dengan bath dan
shower, video, TV kabel, minibar, dan telepon dengan akses jaringan nasional
dan internasional (IDD) serta teras/ balkon berstandar tinggi juga tersedia.
v Kebun
v Layanan pernikahan
v Kolam renang, dan masih banyak lagi.
G. Perjalanan
Kami
berangkat dari sekolah hari Kamis pukul 22.20 WIB dan sampai di masjid
Sabilillah pada hari Jum’at pada pukul 04.00 WIB. Kami singgah di masjid
tersebut untuk menunaikan sholat Shubuh sekaligus sarapan pagi. Setelah pukul
07.30 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju Universitas Negeri Malang yang
beralamat di Jalan Semarang No.5 Malang.
Setibanya
di Universitas Negeri Malang, kami dipersilahkan untuk memasuki ruang pertemuan
yang terletak di ruang E3 Fakultas Ekonomi. Kami juga diajak berkeliling untuk
melihat fasilitas yang ada di sana dan proses pembelajaran.
Sekitar
pukul 11.00 WIB kami meninggalkan Universitas Negeri Malang dan langsung menuju
Hotel Purnama. Kami diterima check in pukul 14.00 WIB, sambil menunggu kami
dipersilahkan memasuki sebuah ruangan dan diberi welcome drink and snack.
Pukul
14.00 WIB telah tiba, kami telah check in dan mendapatkan kunci kamar. Kami
mulai Table Manner pukul 18.00 WIB. Waktu senggang kita gunakan untuk persiapan
pribadi masing-masing. Keesokan harinya kami mengahidiri sarapan pagi bersama
dan dilanjutkan dengan fun game.
Sekitar
pukul 12.00 WIB kami check out dari hotel dan menuju ke Museum Angkut hingga
pukul 16.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan refresing dengan
mengunjungi berbagai pusat perbelanjaan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Table Manner
Course merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat memahami aturan tata
krama di meja makan dan juga merupakan bagian dari pengetahuan standar setiap
orang dan penting bagi kehidupan seorang sekretaris. Sehingga, sebagai calon
sekretaris dapat menggunakan alat makan secara international dengan baik dan
menambah pengetahuan serta wawasan sebelum terjun dalam dunia usaha sehingga
dapat menunjang profesi seorang sekretaris yang profesional dan kepribadian.
B. Saran
Saran penulis
adalah semoga kegiatan tabble manner course yang diselenggarakan SMK Negeri 1
Banyuwangi tetap berlangsung setiap tahunnya dan tetap mempertahankan kerja
sama dengan Hotel Purnama dalam kegiatan Table Manner Course.Selain itu Hotel
Purnama diharapkan bisa lebih meningkatkan fasilitas-fasilitas dalam
mengembangkan kualitas hotel tersebut agar semakin lebih maju.
Thanks ya atas contoh laporan pelaksanaan table manner, jadi bisa buat referensi dalam pembuatan laporan.. thanks yaa
BalasHapusThanks ya atas contoh laporan pelaksanaan table manner, jadi bisa buat referensi dalam pembuatan laporan.. thanks yaa
BalasHapusthanks referensinya sangat membantu dalam pengerjaan laporanya
BalasHapusThnks,contoh laporan nya sangat membantu kami ,dalam mengerjakan laporan.
BalasHapus